Untuk Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Polres Solok Kota Gelar Operasi Bina Karuna Singgalang 2019

Spread the love

Polres Solok Kota menggelar Operasi dengan Sandi “ Bina Karuna Singgalang 2019 ”. Operasi dilakukan untuk pencegahan dan menangani kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla ) di wilayah Polres Solok Kota,

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan S.I.K,M.H mengatakan operasi yang digelar dari tanggal 20 Agustus s/d 2 September 2019 ini dilaksanakan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Kapolres juga mengajak masyarakat ikut terlibat dalam pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Solok Kota karena dalam mencegah dan menangani kebakaran hutan dan lahan ini menjadi tanggung jawab bersama.

Hari pertama pelaksanaan operasi Bina Karuna Singgalang 2019, Satgasres operasi melaksanakan kegiatan Koordinasi, Silaturahmi, Tatap muka dan Bimbingan penyuluhan dengan mendatangi Dinas Kehutanan, Tokoh masyarakat, Wali Nagari, dan Masyarakat petani.

Satgasres juga melakukan koordinasi dengan KPH Kota dan Kabupaten Solok tentang daerah rawan kebakaran hutan diantaranya Kecamatan X Koto Dibawah, Kecamatan Junjung Sirih, Kecamatan X Koto Diatas dan Kecamatan IX Koto Sei Lasi. Sedangkan untuk rawan kebakaran lahan adalah Kecamatan Bukit Sundi dan Kota Solok.

Dalam giat sosialisasi kepada masyarakat di Air Angek Saning Baka Kecamatan X Koto Dibawah Satgasres mensosialisasikan Undang-Undang No 32 Th 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Pada Pasal 69 ayat (1) setiap org dilarang melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar dan pasal 108 UUPPLH ancaman melakukan pembakaran menurut Psl 69 ayat (1) kurungan sedang 3 th, berat 10 th denda sedang 3 milyar, berat 10 milyar.

Untuk kegiatan penyuluhan Satgasres berharap agar UPTD Pertanian Kecamatan Junjung Sirih, menyampaikan kepada para petani dalam membuka lahan / kebun tidak melakukan pembakaran karena bertentangan dg UUPPLH dan perbuatan membuka lahan dan hutan dengan cara membakar dapat berdampak pada rusaknya ekosistem dan musnahnya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup di hutan.

Asap yang ditimbulkan juga menjadi polusi udara yang dapat menyebabkan penyakit saluran pernafasan serta mengganggu jarak pandang terutama untuk transportasi penerbangan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.