Kapolda Minta Babhinkamtibmas Dampingi Wali Nagari Antisipasi Penyalahgunaan Dana Desa

Spread the love

Mengoptimalisasi pengawasan untuk mewujudkan kualitas penggunaan dana desa menuju Sumatera Barat unggul, Pemerintah Provinsi menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), dengan menghadirkan narasumber Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs H.Fakhrizal M.Hum di Hotel Grand Rocky Bukittinggi, hari Rabu 4/9.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. H. Fakhrizal,M.Hum, hadir dengan mengikutsertakan beberapa pejabat utama di Polda Sumbar seperti Dir Binmas, Dir Pam Obvit, Dir Intel serta para Kapolres dan Kasat Reskrim Sejajaran Polda Sumbar,

Rakor juga diikuti Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi  Sumbar, Inspektorat Provinsi Sumbar, Inspektorat Kota/Kabupaten penerima dana desa, Camat dan Kepala Desa/ Wali Nagari Penerima Dana Desa, dan tenaga ahli/ pendamping desa penerima dana desa se – Sumatera Barat.

Kapolda Sumbar dihadapan peserta Rakor meminta Bhabinkamtibmas mendampingi untuk mengantisipasi dan menekan penyimpangan pengelolaan dana desa oleh Kepala desa/ Walinagari termasuk duplikasi anggaran, Juga penggunaan dana yang tidak sesuai dengan peruntukannya, pemotongan dana desa, Pengurangan volume serta penyalahgunaan dana desa untuk kepentingan pribadi, 

” Dana Desa penting dan Polisi sangat mendukung penggunaan dana desa untuk pembangunan dan kesejahteraan, Bhabinkamtibmas sebagai pendamping serta mengawasi supaya tidak ada penyimpangan dan diharapkan ada kerjasama yang baik antara Bhabinkamtibmas dengan Kepala desa/ Walinagari,”ujar Kapolda Sumbar.

Diakhir paparan Kapolda Sumbar mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sumatera Barat atas kerjasamanya selama ini sehingga Sumbar menjadi daerah teraman di Indonesia.

“Terima kasih atas atensi dan kerjasama.semua stakeholder dan masyarakat Sumbar selama ini. Dan mari kita jaga dan bangun Sumbar untuk lebih maju lagi dan unggul dari daerah lain,”ujar Kapolda disambut tepuk tangan beserta Rakor.

Bahkan pada sesi tanya jawab antara Kapolda Sumbar sebagai narasumber dengan para peserta rapat koordinasi tentang masalah–masalah yang di hadapi di nagari atau desa berhubungan dengan tugas Bhabinkamtibmas dalam pendampingan pengelolaan dana desa berlangsung dalam suasana hangat dan santun

Diakhir kegiatan dilaksanakan penandatanganan deklarasi dan MoU tentang sekretariat bersama pengelolaan dana desa.

Tan Rajo Khairul Anwar, selaku Konsultan Ahli Program Inovasi Desa Sumbar menilai hadirnya Kapolda pada Rakor memberikan kekuatan bagi Walinagari dalam mengelola dana desa secara baik, jelas dan bersih.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.