Tingkatkan Kemampuan dan Kesiapsiagaan, Personil Polres Solok Kota Laksanakan Latihan Dalmas

Spread the love

Dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota, Satuan Polres Solok Kota menggelar pelatihan pengendalian massa (Dalmas). Kegiatan digelar di halaman Mapolres Solok Kota dan dipimpin langsung oleh Wakapolres Solok Kota  dan didampingi oleh Kabag Sumda dan Kasi Propam Polres Solok Kota, Kamis (03/10/2019).

Latihan Dalmas diikuti oleh personil Polres Solok Kota yang telah disprintkan sebagai anggota Dalmas.

 

Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi SIK melalui Wakapolres Solok Kota Kompol Budi Prayitno SE,MH menyampaikan, bahwa pelatihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan anggota dalam menangggulangi aksi unjuk rasa.

 “Pelatihan tersebut juga bertujuan untuk melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan, ujar Wakapolres.

Selain itu juga untuk mengingat kembali gerakan maupun formasi Dalmas, juga untuk persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainya yang terjadi di wilayah hukum Polres Solok Kota.

Pelatihan pengendalian massa ini dimulai dari latihan Dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan seperti helm, tongkat serta tameng dan alat lainnya. Dalam pengendalian massa ini ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan oleh anggota saat di lapangan.

Disebutkan, kegiatan dimulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata yang harus sesuai dengan Standart Operational Procedur (SOP) dilapangan.

“ Dengan pelatihan ini diharapkan seluruh personel paham dan mengetahui tahapan dalam pengendalian masa serta mampu menerapkannya dilapangan,” pungkasnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.