Unjuk Rasa Mahasiswa Berjalan Aman, Kapolres Solok Kota dan Jajaran Dihadiahi Bunga

Spread the love

Polres Solok Kota menurunkan ratusan personil untuk pengamanan unjuk rasa Mahasiswa, Jumat (04/10) sore di gedung DPRD Kota Solok.

Giat pengamanan unjuk rasa dipimpin langsung oleh Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, S.I.K. dan didampingi oleh Kabag Ops beserta Kasat Intel, Kasat Lantas, dan Kasat Reskrim, Perwira Polres Solok Kota serta personil yang terlibat pengamanan.

Aksi unjuk rasa Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Solok mendatangi Gedung Kantor Wakil Rakyat, DPRD Kota Solok dengan tema Evaluasi Kebangsaan untuk Umat dan Bangsa.

Kegiatan diawali dengan aksi longmarch oleh massa aksi dengan rute start dari titik kumpul di jalan cengkeh, lanjut ke Simpang Tugu, Simpang Karya, berakhir di Kantor DPRD Kota Solok di jalan Tembok laing Kel. Nan balimo Kec. Tanjung harapan Kota Solok.

Sekira pukul 15.50 WIB, masa aksi sampai di depan gerbang depan Kantor DPRD Kota Solok dan selanjutnya menyampaikan orasi-orasi tuntutan serta aspirasi yang hendak disampaikannya.

Orasi yang disampaikan menolak RUU KUHP, Revisi UU KPK, Karhutla, dan penanganan sejumlah kasus yang sedang berkembang saat ini.

Dalam aksi tersebut Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, S.I.K beserta jajaran mendampingi longmarch menggunakan kendaraan bermotor roda dua untuk mengantisipasi adanya massa liar.

Di Gedung DPRD Kota Solok, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi beserta jajaran melaksanakan aksi simpatik dengan memberikan minuman kepada peserta aksi.

Atas aksi Kapolres dan jajarannya, peserta aksi memberikan ucapan terima kasih dan bunga kepada Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, beserta personil Polres Solok Kota yang ikut mengamankan unjuk rasa.

Sebelum melakukan pengamanan, Kapolres Solok Kota Ferry Suwandi dan jajaran beserta personil pengamanan menggelar apel pasukan di halaman Polres Solok Kota.

Dalam arahannya,  Kapolres Solok Kota meminta personil untuk harus bisa mengantisipasi dan memperkirakan bentuk ancaman yang akan terjadi.

Kapolres Solok Kota menekankan seluruh anggota untuk wajib mempedomani pengamanan pelaksanaan unjuk rasa dan setiap anggota yang terlibat harus melaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

“Dalam pengamanan unjuk rasa tidak dibenarkan untuk membawa senjata api, dan tidak boleh menggunakan peluru tajam ataupun peluru karet. Yang boleh dibawa dalam kegiatan hanya tongkat, tameng dan gas air mata”, jelas Kapolres

Kapolres juga meminta agar Polwan harus dapat memberikan rasa nyaman baik bagi mahasiswa maupun anggota Polri.

AKBP Ferry Suwandi juga meminta agar personil betul-betul melihat dan melaksanakan dokumentasi dengan jelas, untuk memantau jika ada kelompok-kelompok yang berusaha memanfaatkan situasi untuk mengecek dan mengamati kelompok kelompok tersebut.

Ditambahkan Kapolres, persiapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan sehingga pelaksanaan aksi berjalan dengan damai dan operator AWC dalam menyemprotan air menunggu harus dengan perintah Kapolres dan sesuai dengan tahapan – tahapannya. Begitupun dengan tim kesehatan, dikatakan Ferry harus siap di lapangan.

“Jaga nama baik Polres Solok Kota”, tegasnya.

Sementara itu Kabag Ops Kompol B.Simanjuntak, SH dalam arahannya menyampaikan titik kumpul di Jalan Cengkeh untuk kemudian membentuk pasukan menuju DPRD. Agar Sat Lantas mengamankan arus lalulintas dan setiap persimpangan harus ada pengamanan.

“Jangan anggap mereka musuh, mereka anak – anak dan adik – adik kita. Kita kawal mereka dengan menggunakan sepeda motor Raimas dan sampai di gedung DPRD personil gabung dengan anggota Dalmas”, ujar Kompol B. Simanjuntak SH.

Ditambahkan Kabag Ops,  seluruh Personil harus tetap menjaga keamanan pribadi. “Jaga mulut dan jaga diri serta tetap waspada. Jangan bertindak sendiri sendiri, tetap dalam ikatan pleton”.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.