Kapolres Solok Kota Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Spread the love

Polres Solok Kota menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Singgalang 2018  dalam Rangka Pengamanan Menghadapi Pemilu Tahun 2019 di lapangan Merdeka Kota Solok, Jumat, (22/3/2019).

Giat Apel Gelar pasukan dipimpin Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan S.I.K,M.H dan dihadiri oleh Wakil Walikota Solok Rainer, ST, MM, Unsur Forkopimda Kota Solok, Kepala kemenag Kota Solok Afrizen S,Ag, Opd Kota Solok, Ketua Bawaslu Kota Solok, Ketua KPU, Ketua Ketua Partai se Kota Solok, Ketua LKAAM / Bundo Kandung dengan Pasukan Upacara Pleton Polres Solok Kota, Pleton Kodim 0309, Pleton Sat Pol PP, Pleton Dishub, Pleton Damkar, Pleton Lapas Klas II B Solok, Pleton Pramuka, Pleton Linmas, dan Pleton Senkom.

   

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan S.I.K,M.H menyatakan apel gelar pasukan pengamanan Pemilu ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dari tingkat provinsi dan kabupaten/kota dengan melibatkan TNI-Polri dan komponen masyarakat. Hal ini untuk menciptakan keamanan bangsa serta dedikasi yang tak ternilai harganya bagi anggota TNI-POLRI untuk mewujudkan sinergirtas Tni Polri bersama masyarakat dalam demokrasi yang cerdas serta menangkal berita berita hoax, ada beberapa hal yang harus dipedomani bersama dalam melaksanakan tugas pengamanan Pemilu serentak tahun 2019.Apel ini lanjut Kapolres bertujuan untuk menunjukkan negara didukung oleh rakyat untuk serius dan bertanggungjawab agar pergelaran pesta demokrasi bisa berjalan dengan baik tanpa ada hambatan untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat yang berintegritas.

Dalan amanat Menkopolhukam yang dibacakan Kapolres Solok Kota menyampaikan :

1. Pahami tugas pengamanan pemilu Tahun 2019 ini adalah Kehormatan dan kebanggaan yang tidak dapat dinilai dengan apapun sekaligus menjadi amal ibadah yang akan mendapatkan balasan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa bila dilaksanakan dengan tulus ikhlas.

2.Jalin sinergitas antara unsur pemerintah TNI Polri dan seluruh komponen masyarakat guna mewujudkan keamanan dan kelancaran pelaksanaan tugas.

3. Segera kenali cari temukan dan atasi serta menetralisir potensi kerawanan agar tidak berkembang dengan mengganggu penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019.

4. Tindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku terhadap pihak-pihak yang mencoba mengganggu kelancaran Pemilu serentak tahun 2019.

5. Babinsa dan Babinkamtibmas harus mampu ikut serta memenangkan masyarakat agar tidak resah dengan menyebarnya berita-berita hoax serta menguatnya politik identitas yang dapat menggaris sinergitas bangsa.

6.Inventarisir dan berkoordinasi dengan tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta tokoh masyarakat untuk memberikan rasa tenang kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman.

Dalam amanat Kapolres menambahkan ada poin poin penting dan sudah dibahas dengan para Forkopimda di kantor Walikota bersama Bawaslu serta KPU dan dari info bahwa konflik kita Sumbar no 3 dan masyarakat Sumbar sendiri yang mengatakan Sumbar rawan tingkat ke 3 se Indonesia, Kota Solok tingkat kerawanannya rendah dan yang dibutuhkan bantuan masyarkat untuk mengawasi pemilu ini dan jangan kita mau menerima berita berita secara sepihak dan tidak jelas.

Setelah Apel Gelar Pasukan dilaksanakan Peragaan Sispam Kota oleh Personil Gabungan Polri, TNI dan Pawaslu dan Pawai Pasukan Pengamanan Pemilu 2019 ( Ys )

 

Leave a Reply