Operasi Keselamatan Singgalang 2019, Polres Solok Kota Tindak 114 Kendaraan

Operasi keselamatan Singgalang 2019 yang di gelar selama 14 hari sudah berakhir dilaksanakan, Operasi Keselamatan Singgalang 2019 yang memprioritsakan 7 pelanggaran lalu lintas.

“Pada operasi keselamatan 2019  yang  prioritaskan kegiatan Dikmas Lantas  yang mampu mewujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Polri, khususnya Lalu Lintas . Di samping itu untuk mengedukasi masyarakat agar menciptakan situasi yang tertib.

7 poin pelanggaran lalu lintas dalam Operasi Keselamatan 2019 tersebut seperti menggunakan telepon saat mengemudi, tidak menggunakan sabuk pengaman saat berkendara, tidak menggunakan helm berstandar nasioanal. 

Selain itu, pelanggaran melawan arus lalu lintas, mengendarai kendaraan di bawah pengaruh alkohol, narkoba, mengemudikan kendaraan di bawah umur dan yang terakhir mengemudikan kendaraan pada kecepatan maksimal.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan S.I.K,M.H mengatakan tujuan operasi, pertama meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, kedua, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Ketiga, menurunnya tingkat korban kecelakaan lalu lintas, keempat menambah kepercayaan Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas.

Adapun hasil pelaksanaan Operasi Keselamatan Singgalang 2019  Polres Solok Kota telah melakukan penindakan sebanyak 114 naik dari tahun sebelumnya sebanyak 68 penindakan. Sedangkan untuk teguran sebanyak 247 turun dari tahun sebelumnya yaitu 445 teguran

Untuk jumlah kejadian Laka Lantas di wilayah Polres Solok Kota mengalami penurunan sebanyak 75 % dari tahun sebelumnya 4 kasus dan tahun 2019 sebanyak 1 kasus.

Sedangkan kegiatan pre emtif  antara lain penyuluhan 77 kali  terdiri dari media elektronik 42 kali, tempat keramaian 27 kali,  dan tempat istirahat 8 kali, Untuk  penyebaran dan pemasangan sebanyak 565 terdiri dari spanduk 15 buah, leaflet 275 buah, stiker 275 buah,

Untuk Pogram Nasional Keamanan lalulintas 53 kali yaitu  Polisi sahabat anak 9 kali, cara aman sekolah 44 kali, dan program Nasional keselamatan 41 Kali yaitu safety riding dan driving 23 kali serta Kampanye keselamatan 18 kali

Sedangkan pelaksanaan kegiatan prefentif giat pengaturan 270 kali, penjagaan 265 kali, pengawalan 5 kali dan patroli 265 kali.

Be the first to comment

Leave a Reply