Spread the love

Membangun Zona Integritas : Tantangan Dan Peluang Menuju Polri Yang Dicintai Masyarakat

Penulis : DONY SETIAWAN, S.Ik., M.H

Tim Pendukung: Fika Putri Pamungkas, S.Tr.K, Silvia Dewi, Havid Risa, Agung Zulisman

Diterbitkan Oleh : Penerbit Thafa Media Copyright@ Thafa Media Jl. Srandakan Km. 8,5 Gunungsaren Kidul Trimurti Srandakan Bantul Yogyakarta 55762 Phone : 085100563938, 08122775474 Sms : 082138313202

Desain Sampul : Agung Zulisman Lay Out : Thafa Media @Art Cetakan I : Desember 2018 Cetakan II : Mei 2019 E- mail : thafamedia@yahoo.co.id

Pertama kali diterbitkan dalam bahasa Indonesia Oleh : Penerbit Thafa Media Yogyakarta 2018

Hak cipta dilindungi oleh undang-undang Dilarang mengutip atau memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku ini tanpa ijin tertulis dari penerbit

x + 134 hlm , 14,8 x 21 cm ISBN 978-602-5589-18-8

SAMBUTAN KEPALA KEPOLISIAN DAERAH SUMATERA BARAT

Inspektur Jenderal Polisi Drs. Fakhrizal M.Hum

Assalamualaikum Wr.Wb. Salam sejahtera bagi kita semua.

Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada penulis, Kapolres Solok Kota, AKBP Dony Setiawan S.Ik.,M.H., beserta jajaran Polres Solok Kota yang yang telah dengan gigih membangun Zona Integritas (ZI) dan menuangkannya dalam buku yang berjudul “Membangun Zona Integritas : Tantangan  Dan Peluang Menuju Polri Yang Dicintai Masyarakat”.

Saya berharap, buku ini dapat memperkaya referensi pembangunan ZI menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada Instansi Polri, juga dapat menjadi bahan komparasi bagi Satuan Kerja (Satker) Polri atau Instansi lainnya yang juga bertekad membangun ZI dengan menghadirkan kinerja yang bersih dan melayani dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Pada tahun 2017, Satker jajaran Polda Sumatera Barat termasuk salah satu di antara 9 Satker lainnya yang telah berhasil meraih predikat WBK yaitu Polresta Padang. Pada Tahun 2018, komitmen tersebut terus berlanjut dengan bertambahnya 3 Satker lainya yang telah berhasil meraih predikat WBK yaitu Polres Bukit Tinggi, Polres Tanah Datar dan Polres Solok Kota.

Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM merupakan pilot project akselerasi reformasi birokrasi Polri yang tujuan akhirnya adalah untuk meraih kepercayaan masyarakat. Satker yang berhasil meraih predikat WBK/WBBM idealnnya merupakan pelopor revolusi mental, pelopor implementasi program Promoter Kapolri dan role model dalam reformasi birokrasi Polri yang telah berkontribusi terhadap meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri pada tingkat kewilayahan.

Saya berharap semakin banyak nantinya Satker jajaran Polda Sumatera Barat yang bertekad membangun Zona Integritas dan ikut berkontribusi terhadap meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri.

Menuangkan hasil capaian kinerja pembangunan ZI dalam sebuah tulisan merupakan upaya untuk meneguhkan komitmen, mengukir prestasi sekaligus sharing knowledge agar pembangunan ZI dapat dijaga, dipertahankan dan digelorakan sebagai wujud nyata akselerasi grand design reformasi birokrasi yang telah ditetapkan pemerintah.

Akhirnya, semoga buku ini menjadi bacaan yang bermanfaat bagi semua pihak. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan perlindunganNya kepada kita sekalian dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Sekian dan terima kasih, Wassalamualaikum Wr.Wb

SAMBUTAN DEPUTI BIDANG REFORMASI BIROKRASI, AKUNTABILITAS APARATUR DAN PENGAWASAN, KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA

Muhammad Yusuf Ateh, Ak., MBA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada jajaran Polres Solok Kota, dengan tekad yang kuat dan kebersamaan telah membangun Zona Integritas (ZI) sehingga berhasil meraih predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) pada tahun 2018.

Saya juga berterima kasih kepada penulis AKBP Dony Setiawan yang sudah meluangkan waktu menulis buku ini di tengah perjalanan memulai, memimpin dan mengawal perubahan serta memperjuangkan pembangunan Zona Integritas di Polres Solok Kota, Polda Sumatera Barat.

Buku yang berjudul “Membangun Zona Integritas : Tantangan  Dan Peluang Menuju Polri Yang Dicintai Masyarakat” ini menggambarkan perjalanan perjuangan Polres Solok Kota dalam membangun ZI, tahapan pemenuhan komponen pengungkit dan komponen hasil, serta informasi mengenai tips dan pengalaman untuk berhasil meraih predikat WBK.

Selain itu, dalam buku ini juga tergambar manfaat pembangunan ZI yaitu berupa peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Polri pada level kewilayahan yang secara tidak langsung memberikan kontribusi yang besar terhadap reformasi birokrasi di tubuh Polri.

Melakukan reformasi birokrasi dalam organisasi sebesar Polri tidak lah gampang dan harus dimulai dari satuan-satuan kerjanya dengan program pilot project (unit kerja percontohan) pembangunan ZI menuju WBK Menuju WBK/WBMM.

Saya berharap buku dapat meneguhkan komitmen jajaran Polres Solok Kota dalam menjaga predikat WBK dan mempersiapkan diri meraih WBBM, menjadi motivasi dan referensi bagi unit kerja Polri lainnya dah bahkan instansi di luar Polri yang berkomitmen ikut membangun Zona Integritas.

Akhirnya,Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan perlindunganNya kepada kita sekalian untuk memulai perubahan pada diri kita sendiri, pada instansi tempat kita bekerja dan akhirnya merubah bangs a ini menjadi lebih baik, aamiin ya robbal ‘alamin.

Sekian dan terima kasih, Wassalamualaikum Wr Wb.

KATA PENGANTAR PENULIS

AKBP Dony Setiawan, S.Ik.,M.H.

Assalamualaikum Wr.Wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayahNYA, penulis dapat menyelesaikan buku ini seiring jalan memperjuangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) di Polres Solok Kota tempat penulis bertugas.

Buku ini dilatarbelakangi pengalaman penulis dalam membangun Zona Integritas di Polres Solok Kota. Dalam perjalanannya, penulis sebagai Kapolres Solok Kota menemukan beberapa hal penting yang seandainya dapat diinformasikan dengan baik, maka akan membawa kebaikan bagi personil Polri, Satker, Unit Kerja atau instansi lainnya yang tergerak untuk ikut membangun zona integritas.

Polri sebagai salah satu institusi yang satuan kerjanya terdepan dalam membangun ZI telah berhasil mendorong beberapa Satkernya meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan bahkan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dengan disertai penghargaan dari Kemenpan RB RI dan reward berupa kenaikan tunjangan kinerja bagi personil.

Tidak hanya Polri, kementerian dan satuan kerja lainnya, sudah banyak yang berlomba-lomba ikut membangun ZI, namun penulis rasakan petunjuk teknis yang ada tidak cukup untuk dijadikan satu-satunya acuan untuk dapat berhasil membangun ZI menuju WBK apalagi WBBM.

Menurut penulis, sangat diperlukan informasi-informasi tambahan selain yang sudah diatur dalam petunjuk teknis karena minimnya referensi tentang pembangunan ZI di Indonesia.

Memang ada beberapa buku yang diterbitkan oleh Satker berpredikat WBK/WBBM, namun di beberapa buku tersebut cenderung hanya menampilkan inovasi/program-program unggulan saja, tidak dijelaskan cara memulai, tahapan pembangunan, kiat-kiat untuk berhasil, kendala serta informasi-informasi penting lainnya yang belum tersedia dalam peraturan dan petunjuk teknis tentang pembangunan ZI.

Bukan berarti apa yang penulis sajikan dalam buku ini melambangkan bahwa pembangunan ZI Polres Solok Kota jauh lebih baik, tidak juga, karena membangun ZI adalah proses yang panjang dan berkelanjutan serta banyak kendala-kendala yang dihadapi.

Jadi, bukan bermaksud promosi atau lebih jauh lagi berharap menjadi inspirasi bagi yang lain, tapi cukup berbagi informasi dan pengalaman penulis dan jajaran Polres Solok Kota, juga informasi yang penulis dapatkan dari satuan kerja lainnya selama proses membangun ZI.

Setidaknya buku ini dapat dijadikan bahan komparasi bagi satuan kerja yang berminat membangun ZI, menjadikan satuan kerjanya dibanggakan oleh masyarakat, meninggalkan sesuatu yang indah untuk dikenang oleh bawahan berupa kenaikan tunjangan kinerja. Dimana dengan kenaikan tunjangan kinerja tersebut diharapkan akan menjadi doa yang akan selalu mengiringi setiap langkah para pejuang pembanguan ZI.

Membaca buku ini akan meyakinkan kita bahwa membangun ZI menuju WBK/WBBM tidak hanya sekedar untuk meraih prestise atau penghargaan. Lebih dari itu, pembangunan ZI merupakan sarana bagi Polri untuk menjawab tuntutan masyarakat dan perkembangan zaman, sekaligus juga merupakan peluang yang harus dimanfaatkan untuk meraih kepercayaan masyarakat.

Semakin banyak Satker ditetapkan sebagai pilot project berpredikat WBK/WBBM maka semakin ringan pula beban Polri untuk mewujudkan reformasi birokrasi karena Satker berpredikat WBK/WBBM tersebut telah teruji berdasarkan penilaian internal, nasional dan eksternal memberikan kontribusi terhadap meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri pada level kewilayahan.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada jajaran Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur Dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia atas asistensi dan dukungan moril kepada jajaran Polres Solok Kota sehingga dapat membangun ZI dengan mewujudkan lingkungan pelayanan publik yang bersih dan melayani.